kilabit.info
Simple | Small | Stable | Secure

Simbol dan

Penulisan Bahasa Indonesia menggunakan dan diturunkan dari bahasa latin. Bahasa latin yang paling umum sekarang ini adalah Bahasa Inggris. Jika dalam Ejaan Yang Disempurnakan tidak menyebutkan penggunaan suatu tanda baca, setidaknya kita bisa mencoba menyerap bagaimana bahasa yang paling umum menggunakannya dalam keseharian.

Saya rasa tidak banyak yang tahu bahwa simbol "&" atau dibaca "dan" atau "ampersand" hanya dipakai untuk nama perusahaan atau entitas legal, seperti "Me & You, Co". Buktinya, ada makalah analisis sebuah bank terkenal di Indonesia yang menulis judul sub-bab dengan simbol "&" dan memakai Bahasa Inggris. Ironisnya.

Ada juga yang membolehkan untuk pemakaian dalam daftar yang memakai kata "dan" sebagai kata sambung seperti "saya, kucing & anaknya, anjing & anaknya, dan pembantu ke luar rumah", sehingga terlihat perbedaan antara kelompok satu dan kelompok keseluruhan. Walau menurut saya lebih bagus menggunakan tanda titik koma, sehingga menjadi "saya, kucing dan anaknya; anjing dan anaknya; dan pembantu ke luar rumah".