kilabit.info
Simple | Small | Stable | Secure

Aplikasi Terbaik di Linux

Kalau kita menggunakan Linux terlalu lama, kita terkadang pasti sudah capek mencoba semua aplikasi yang ada. Berikut beberapa aplikasi terbaik di linux, menurut saya, sebagai refensi bagi yang juga capek atau malas coba-coba, jadi waktu anda tidak terbuang percuma.

Sistem operasi utama saya yaitu Arch Linux, yang berjalan di atas laptop Acer Aspire 4736 dengan spesifikasi.

  • prosesor Intel Core Duo T6600

  • grafik Intel GMA 4500MHD

  • memori 1 GB

Display Manager: lightdm

lightdm adalah display manager yang dikembangkan langsung oleh tim xorg. Kekurangannya saat ini adalah tidak bisa dikonfigurasi lewat UI.

Window Manager: xfce4

Kalau anda hanya ingin window manager yang cepat dan bisa dikonfigurasi, xfce4 adalah pilihan yang terbaik. Xfce4 menyediakan file manager Thunar yang bisa automount media penyimpanan anda.

Elementary? Lambat.

Gnome 3? Lambat dan tidak stabil.

KDE 4? Lambat sekali.

Audio dan Video Player: SMPlayer

Dengan menggunakan mplayer sebagai backendnya, SMPlayer bisa memutar file musik atau video apa saja. UI-nya sederhana dan fiturnya yang tidak tertandingi yaitu pencarian subtitle. SMPlayer tidak menyediakan fasilitas pustaka untuk menyimpan file musik/video anda, jadi pengelompokan file bergantung kepada anda menggunakan struktur folder.

Audio tag: easytag

Dengan bantuan easytag anda akan dengan mudah menyusun berkas musik anda dan mengubah tagnya.

Terminal: xterm

Aplikasi virtual terminal yang paling cepat diantara yang lainnya. Kalau tidak percaya coba anda 'dmesg' di terminal dan bandingkan hasilnya.

Editor: vim

Dengan fungsi tab dan plugin nerdtree, pathogen, vim-fugitive, vim bisa menjadi IDE yang sederhana dan cepat.

Browser: chromium

Dengan akun google anda bisa sinkronisasi bookmark anda di mana saja. Butuh apa lagi? Selain itu chromium menyediakan developer panel bagi programer untuk mempermudah mendebug aplikasi.

Office: libreoffice

Document Viewer (PDF): Evince

Email Reader: -

Saya menggunakan GMail lewat browser.

SQL Browser and Management: DBeaver

DBeaver adalah aplikasi untuk mengakses database apapun selama memiliki jdbc driver. Kalau anda pengembang perangkat lunak yang menggunakan database dan terkadang setiap aplikasi menggunakan database yang berbeda, dbeaver sangat membantu anda dengan hanya membuka satu aplikasi untuk beberapa database yang berbeda. Alternatif lainnya yaitu squirrel-sql.